Jumat, 29 Agustus 2014

Cara Mengaktifkan IDM Menjadi Full Version

Bagaimana cara mengaktifkan IDM ? Bagi kalangan pengguna internet yang memiliki hobi mengunduh perangkat lunak (software) berukuran besar maka tidak asing lagi dengan IDM (Internet Download Manager). Sebuah perangkat lunak yang berkekuatan besar untuk mengunduh data dengan kecepatan tinggi.
Fitur unduh berkecepatan tinggi milik IDM tidak terlepas dari penerapan teknologi multipart yaitu melakukan segmentasi berkas secara otomatis ketika proses download Fitur Multipart
Fitur multipart ini membedakan kemampuan IDM menjadi lebih baik dibandingkan dengan perangkat lunak sejenis. Prinsip kerja multipart disini adalah membagi data yang sedang diunduh menjadi tujuh hingga delapan bagian yang secara bersamaan diunduh dengan kecepatan lima kali lipat lebih baik. Berkas-berkas yang terbagi-bagi ditangani secara proporsional oleh IDM dengan pembagian kecepatan sama besar tiap bagiannya.
Apabila ditemui hambatan dalam proses unduh pada satu berkas maka alokasi kecepatan bagian berkas lainnya akan membantu bagian yang mengalami kendala proses. Bagian-bagian berkas yang diunduh secara terpisah disatukan kembali setelah proses mengunduh selesai. Keunggulan lain aplikasi asal Amerika Serikat ini ialah memiliki fitur Pause dan Resume yang sangat membantu ketika muncul masalah teknis maupun nonteknis.
Fitur Pause IDM berfungsi untuk menghentikan sementara proses download berkas secara disengaja atau terputusnya koneksi. Kemudian fitur Resume akan bekerja sebagai pengulang proses unduh berkas-berkas yang terhenti. Dari sisi tampilan antarmuka, IDM tampak bersahabat bagi pengguna baru dengan grafis yang simpel. Cara Mengaktifkan IDM untuk Download di YouTube
Bagi pengguna internet yang sering mengunduh berkas melalui browser konvensional sudah cukup akrab dengan halaman download yang langsung terpampang jelas. Kondisi berbeda akan dialami oleh pengguna yang belum terbiasa dengan aplikasi IDM yang membutuhkan sedikit penyesuaian. Mengunduh dengan aplikasi IDM, syarat pertama ialah harus memiliki perangkat lunak ini yang sudah terpasang di perangkat komputer atau laptop.
Langkah berikutnya membuka situs YouTube dengan web browser yang sudah tersedia di dalam komputer atau laptop. Masukkan kata kunci pencarian di halaman awal situs YouTube untuk mendapatkan video yang diinginkan. Namun, apabila video yang ingin diunduh sudah tampil di halaman depan maka tinggal pilih dengan cara klik pada nama video tersebut.
Tidak lama kemudian akan muncul halaman video yang tampak dengan media player khas YouTube ditengahnya terdapat ikon tombol Play. Klik pada ikon tersebut sehingga video akan diputar diikuti tombol download dengan IDM muncul secara otomatis. Lakukan klik pada tombol Download IDM atau terkadang muncul beberapa pilihan unduh video menurut format video, kualitas video, dan ukuran video lalu klik pada pilihan yang diinginkan sehingga proses download segera berjalan.
IDM didalamnya memiliki fitur File Types, yang belum banyak dipahami oleh orang awam tetapi keberadaannya sangat penting. Terkadang proses download tidak dilaksanakan oleh IDM karena format berkas yang hendak belum ada didalam fitur File Types. Pengguna IDM yang ingin setiap proses download diambil alih oleh aplikasi ini maka harus melakukan pengaturan pada menu Options.
Setelah menu Options di-klik maka akan muncul kotak dialog Internet Download Manager Configuration. Selanjutnya masuk ke tab File Types dan perhatikan pada kotak downloades file types yang sudah terisi ekstensi format berkas yang akan diunduh oleh IDM. Untuk mengunduh lewat YouTube biasanya ditambahkan ekstensi FLV (jika belum ada), dan dapat ditambahkan dengan ekstensi lain yang dikehendaki seperti DOCX, XLSX, PPTX, dan sebagainya. Mengaktifkan IDM Optimizer
Sebagai aplikasi khusus mempercepat proses download, IDM dikenal sangat cepat dibandingkan download memakai fitur web browser. Kecepatan IDM mencapai 10 kali lipat daripada web browser karena sistem kerjanya membagi berkas yang diunduh menjadi beberapa bagian dengan ukuran lebih kecil. Hal ini mendorong IDM bekerja lebih efisien dalam mengunduh berkas dari server karena ukuran berkas kecil sementara itu proses download berlangsung bersamaan.
Disamping itu, IDM memiliki perangkat pendamping yang dapat meningkatkan kecepatan transfer data dari biasanya yang disebut IDM Optimizer. Perangkat kecil ini terbukti ampuh mengkantrol kinerja IDM menjadi lebih efektif dan tidak membuang waktu. Cara menggunakan IDM Optimizer cukup mudah dilakukan bagi pengguna IDM yang masih tergolong baru sekalipun.
Cara mengaktifkan IDM Optimizer adalah sebagai berikut :
Langkah pertama, mengunduh IDM Optimizer dari berbagai situs di internet dalam bentuk file kompresi. Selanjutnya, ekstrak berkas kompresi IDM tersebut di tempat penyimpanan data internal yang mudah ditemukan.
Langkah kedua, menghapus sistem Tray Icon IDM yang berada di bawah menu Taskbar.
Langkah ketiga, menjalankan IDM Optimizer dimana bagi pengguna sistem operasi Windows 7 menggunakan klik kanan lalu pilih Run as Administrator. Jendela antar muka IDM Optimizer akan terbuka dalam ukuran kecil sehingga perlu beralih ke tampilan lebih besar dengan meng-klik tombol Maximaze Now. Kemudian akan muncul pemberitahuan "Please restart IDM to apply changes" yang berarti IDM harus dijalankan ulang setelah itu sudah siap dipakai untuk menjelajah dunia maya. Cara Aman Meng-update IDM di Windows 7
Tonec, selaku produsen IDM memang menyediakan versi Trial agar pengguna internet dapat ‘mencicipi’ kehandalan produk IDM sebelum benar-benar membeli yang berlisensi resmi. Masa Trial produk IDM diberlakukan selama 30 hari sehingga apabila melewati masa aktif harus dilakukan proses registrasi untuk membeli versi berbayar. Tentu saja pengguna lebih suka menggunakan IDM cuma-cuma tanpa mengeluarkan uang sepeser pun
IDM dapat disiasati agar dapat dipakai tanpa batas trial tetapi resikonya tombol "Update" pada IDM tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena situs resmi Internet Download Manager tidak dapat diakses, atau aplikasi IDM sudah terblokir karena terdeteksi menggunakan Serial Number palsu. Pengguna tentu berharap selalu menggunakan fasilitas update IDM agar dapat menikmati layanan secara maksimal.
Sebuah cara meng-update agar masa trial IDM dapat dinikmati dalam jangka waktu lama dan tidak dianggap ilegal oleh penyedia ialah memakai berkas ‘Host’. Jika cara ini pernah dilakukan sebelumnya kemudian tanpa disengaja menghilangkan berkas ‘host’ asli maka diharuskan mengunduh lagi file tersebut. Langkah pertama ialah klik menu "Start" dan perhatikan dibagian kotak bawah yang bertuliskan "Search Programs and Files".
Pada kotak tersebut, tulis dengan alamat direktori: C:WindowsSystem32driversetc. Tidak lama kemudian muncul jendela Windows Explorer yang mengarah pada folder etc. Dibagian ini ditaruh berkas ‘host’ IDM yang sudah dimodifikasi menjadi nama berkas IDM asli melalui cara Copy dan Paste atau Cut dan Paste.
Berikutnya memeriksa hasil perubahan yang dilakukan dengan menyambungkan komputer atau laptop ke koneksi internet. Mulai menjalankan IDM lalu masuk ke menu Help dan pilih Check for Updates. Proses pembaruan aplikasi IDM akan berlangsung dalam beberapa lama dan tunggu sampai proses update selesai. Langkah terakhir ialah melakuakan restart komputer atau laptop hingga menyala kembali dan siap digunakan menjelajah situs-situs di internet.
Demikianlah artikel mengenai cara mengaktifkan IDM , semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar